2 Hal Penting Saat Bermain Perahu Kayak dengan Aman dan Nyaman

kayak murah

Pada dasarnya, kayaking merupakan salah satu aktivitas olahraga mendayung dengan menggunakan perahu kayak kecil. Ini dapat digerakkan dengan menggunakan dayung yang terdiri dari dua bilah. Para penggunanya bisa mengatur cepat dan lambatnya laju dari perahu tersebut.

Kayak sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu kayak laut dan kayak sungai. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk berbagai macam medan perairan. Tidak jarang juga bisa dipakai untuk arus sungai maupun laut yang cukup deras.

Hal Penting dalam Bermain Kayak yang Aman

Bagi Anda yang belum pernah mencoba bermain kayak pastinya akan membayangkan betapa menyeramkannya saat menggunakan perahu satu ini. Namun jangan khawatir ini tidak semenakutkan yang dibayangkan. Permainan ini sejatinya sangat seru dan cocok Anda yang suka menikmati sensasi keindahan alam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bermain perahu kayak yaitu

  1. Memperhatikan Pakaian dan Peralatan Pendukung

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan kayak adalah pakaian yang digunakan. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan saat melakukan olahraga satu ini. Hindarilah menggunakan pakaian dari bahan jeans karena akan terasa lebih berat ketika terkena air dan memiliki resiko membuat kulit menjadi lecet.

Selain pakaian, Anda juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan saat bermain perahukayak. Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan seperti dayung, pelampung, helm serta pelindung siku  dan lutut.

  • Pilih Rute yang Memiliki Arus tidak Deras Jika Anda Pemula

Pada dasarnya, baik perahu kayak laut maupun sungai tidak disarankan untuk digunakan di lokasi yang memiliki arus terlalu deras apalagi jika Anda merupakan seorang pemula. Selain membuat kayak sulit untuk dikendalikan, ini juga memiliki resiko besar terhadap keselamatan.

Maka dari itu, pilihlah lokasi bermain kayak dengan arus yang tenang dan stabil. Kondisi perairan juga tidak boleh terlalu dalam dan usahakan tidak memiliki banyak obstacle berupa bebatuan apabila dilakukan di area sungai. Ini akan sangat membantu Anda yang beradaptasi mengendalikan kayak.

Olahraga dengan menggunakan perahu kayak menjadi salah satu hal yang cukup menyenangkan. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan aman asalkan  memperhatikan beberapa hal penting saat melakukan olahraga satu ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *