Jenis-Jenis Kayak, Perahu Mini yang Multifungsi

kayak terbaik

Kayak merupakan sebuah alat transportasi air yang dulunya sering digunakan untuk masyarakat kecil menyebrangi sungai atau lautan. Dengan berkembangnya zaman, perahu mini ini sudah bertransformasi menjadi alat transportasi yang bisa digunakan dengan masyarakat modern juga. Anda bisa menjelajahi wisata sungai, atau bahkan memancing menggunakan perahu mini yang paktis ini.

Alat transportasi air ini menggunakan tenaga manusia sebagai gaya geraknya. Yang artinya, Anda harus memakai dayung untuk membuat perahu bergerak. Tidak ada tenaga mesin yang membantu karena memang ciri khas kayak adalah daya manualnya.

Mungkin Anda penasaran, sebenarnya bagaimana jenis kayak yang kini beredar di zaman millennial ini? Apabila dilihat dari bahan yang mendasarinya, perahu kecil ini dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu dengan bahan kayu, karet dan plastik.

Untuk perahu mini yang berasal dari kayu biasanya masih sangat sederhana dan dipakai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah banyak air. Mereka dapat dengan mudah membuat dari kerangka kayu yang didapatkan, lantas menalinya sedemikian rupa. Mengusung nuansa yang masih kental seperti

aslinya, masyarakat menggunakannya untuk pulang pergi dari satu tempat, ke tempat yang lain. Mereka juga menggunakan alat transportasi air ini untuk mencari sumber alam yang bisa didapatkan.

Lalu terdapat pula kayak dengan bahan dasar karet. Biasanya perahu kecil karet seperti ini disediakan pada area-area wisata air. Anda akan bisa menaikinya dan menikmati pemandangan atau bahkan tantangan yang disuguhkan. Mulai dari arus sungai biasa yang memperlihatkan keindahan sepanjang perjalanan, hingga olahraga air yang memanfaatkan derasnya arus sungai.

Lalu yang terakhir adalah kayak dengan bahan plastik. Biasanya perahu seperti ini menggunakan bahan plastic LLDPE, yang memiliki ketahanan lebih kuat. Perahu ini biasanya digunakan untuk memancing secara perorangan. Karena seperti yang diketahui, jenis ini memang mengusung ukuran yang minimalist sehingga tidak bisa memuat banyak orang. Per-perahu, biasanya hanya bisa ditumpangi oleh satu hingga dua orang saja.

Dengan banyaknya jenis kayak yang tersedia, Anda kini bisa membedakan bahan yang terbuat beserta fungsionalnya. Anda bisa memakainya untuk berwisata, atau bahkan memancing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *