Ciri Khas Autentik Perahu Kayak Dayung

kayak keren

Dengan berkembangnya zaman, kayak yang dulunya mengandalkan tenaga dayung pun juga sudah bertransformasi menjadi berbagai inovasi jenis lainnya. Seperti kayak pedal, atau bahkan kayak mesin. Namun, meski banyaknya versi modifikasi dengan semua fitur terbaru yang diusungnya, kayak dayung agaknya tetap menempati posisi nomer satu di kalangan masyarakat, bagaimana bisa?

Seperti namanya, kayak dayung merupakan sebuah perahu kayak yang menggunakan tenaga dayung manusia untuk menggerakkannya di atas permukaan air. Hal itu berarti,

Anda diharuskan menggunakan alat dayung untuk membuat perahu melaju. Kedengarannya melelahkan, namun sebenarnya model ini menyuguhkan berbagai keunggulan yang tidak bisa dimiliki oleh kayak jenis lain.

Pertama, buritan depan lebih luas. Ini merupakan faktor yang pasti akan dikedepankan khususnya oleh para pemancing, yaitu buritan depan yang luas. Di beberapa merk, kayak dayung bahkan bisa menghadirkan kotak penyimpanan barang-barang. Hal ini tidak akanbisa didapatkan pada kayak jenis pedal. Karena area buritan depan sudah dijadikan tempat untuk pedal kaki.

Selain pemancing, Anda yang hendak menaiki kayak untuk berwisata air secara santai pun juga lebih disarankan untuk menggunakan kayak model dayung ini. Seperti yang bisa diketahui, sejak awal keberadaan kayak, tenaga untuk menggerakkannya adalah dengan mendayung. Anda akan bisa merasakan bagaimana keotentikan dan juga esensi dari mendayung, sebuah tenaga manual yang sudah digunakan sejak jutaan tahun yang lalu.

Dengan kayak dayung, Anda bisa menyusuri keindahan wisata air yang dikunjungi seraya sekali dua kali mendayung dengan kalem. Karena perahu jenis ini juga disinyalir lebih tenang dan stabil dibandingkan yang lainnya.

Dan mengapa tidak menggunakan kano saja? Dikarenakan, perahu kano hanya memiliki satu paddle di alat dayungnya. Sedangkan kayak dayung memiliki dua paddle di sisi kanan dan kirinya. Ini akan memudahkan Anda dalam mendayung. Perahu dapat bergerak dengan lebih cepat, dan juga stabil karena keseimbangan yang diusungnya. Kayak jenis dayung juga memiliki dek yang lebih tertutup dari pada kano sehingga air tidak akan mudah masuk, dan resiko kecelakaan seperti perahu tenggelam pun akan semakin minim juga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *