Perkembangan Perahu Kayak dari Inuit

kayak keren

Perahu kayak yang berada di suku Inuit sebenarnya tidak menggantikan dari kehadiran penggunaan umiak. Suku itulah yang pada saat itu tetaplah menggunakan dari alat transportasi kayak ataupun umiak untuk menunjang berbagai kepentingan kebutuhan transportasi ketika sedang memasuki musim perburuan.

Sehingga tidak heran jadi keberadaan perahu kecil inilah yang memiliki banyak manfaat untuk berburu dan memberikan kemudahan dalam menyelinap. Ukuran perahu kayak yang cenderung lebih kecil tentunya memberikan keuntungan tersendiri dalam berburu.

Jenis Kayak di Suku Inuit

Pada beberapa suku yang ada di kutub Utara pada mulanya memang telah membangun kaya yang berasal dari benda yang memang mudah ditemukan di sekitarnya. Beberapa penggunaan bahan tersebut diantaranya kulit binatang, kayu ataupun tulang.

Dari adanya suku Inuit dan Aleut telah melakukan pengembangan terhadap dua jenis kaya yang didukung dengan penggunaan bahan pembuatan yang berbeda-beda yaitu kayak kayu apung serta perahu kayak yang memanfaatkan bahan utama dari tulang ikan paus. Pada proses pembuatan kayak yang menggunakan tulang ikan paus ini biasanya dengan cara membuat bingkai ringan dari tulangnya tersebut serta ditutupi dengan menggunakan kulit binatang.

Jenis perahu kayak inilah yang cenderung lebih ringan akan tetapi juga tidak memiliki kemampuan untuk bertahan lebih lama di air. Dalam proses membuat kayak yang bertahan di air tentunya kedua suku tersebut menambahkan adanya lemak paus.

Dari adanya lemak itulah yang nantinya akan dibalurkan pada titik strategis di bagian badan kayak supaya tetap bisa memastikan bahwasanya perahu mampu bertahan di atas permukaan air. Bagi para suku di kutub Utara untuk penggunaan kayak memang sudah menjadi cara hidup serta memanfaatkannya sebagai alat transportasi hingga berburu yang digunakan hingga lebih dari 2000 tahun.

Warisan Membuat Kayak

Proses membangun kayak hanya dengan berbekalkan pengetahuan yang telah diwariskan secara lisan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya. Kemampuan untuk mengendarai perahu kayak memang menjadi salah satu ukuran tingkat kesuksesan dari setiap individu serta bagaimana caranya supaya tetap terhubung bersama komunitas dari penggunaan kayak di suku tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *