Manfaat Mendayung Dengan Menggunakan Perahu Kayak

perahu kayak terbaik

Perahu kayak sudah mengalami perjalanan perkembangan yang cukup panjang termasuk dari segi manfaat serta kegunaannya. Dulunya beberapa suku yang ada di Siberia serta kutub utara lainnya telah memanfaatkan kayak untuk dijadikan sebagai alat transportasi sampai alat untuk berburu.

Sekarang ini dari adanya kayak tentunya tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat transportasi agar tetapi juga mengalami perkembangan sebagai bentuk olahraga yang memiliki banyak peminatnya belakangan ini. Kayak adalah jenis dari olahraga air dengan dukungan alat memanfaatkan perahu dan dayung.

Apabila dilihat dari sekilas tentunya terdapat beberapa orang yang masih mengira bahwasanya olahraga perahu kayak tentunya sama dengan penggunaan perahu Karno karena memang sama-sama dengan memanfaatkan perahu. Akan tetapi pada kenyataannya jenis kedua olahraga ini mempunyai perbedaan pada beberapa bagiannya.

Penggunaan kayak biasanya mempunyai perahu yang cenderung lebih kecil dengan adanya dayung di bagian dua sisinya. Selain itu untuk olahraga kaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Meningkatkan Kesehatan Sendi

Apabila kebanyakan dari melakukan olahraga akan melibatkan adanya hentakan terhadap anggota tubuh di bagian atas. Tentunya untuk olahraga dayung yang satu ini termasuk jenis olahraga yang sangat lembut dalam penerapannya.

Pastinya dapat membantu dalam meminimalisir tingkat risiko cedera di bagian persendian. Sehingga penggunaan perahu kayak juga lebih cocok dilakukan bagi mereka yang memiliki risiko cidera ataupun penderita terhadap radang sendi.

Meningkatkan Kekuatan Tubuh di Bagian Atas

Pada saat melakukan kegiatan olahraga ataupun bermain perahu kayak tentunya tubuh bagian atas yang lebih banyak melakukan pergerakan. Gerakan itulah yang nantinya dapat membantu dalam mengangkat serta mencelupkan dayung.

Hal ini tentunya juga ditambahkan dengan adanya resistensi terhadap air yang dapat membuat otot bagian lengan, bahu, punggung, serta dada semakin kuat. Sehingga tidak heran lagi apabila atlet dayung kaya pastinya memiliki kebiasaan dalam mempunyai lingkar tubuh di bagian atasnya yang cenderung lebih besar.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Adanya perahu kayak juga dijadikan sebagai salah satu olahraga yang memiliki nilai guna dalam membantu untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Olahraga kardiovaskular adalah jenis aktivitas yang nantinya dapat meningkatkan laju terhadap pernapasan dalam waktu 10 menit lebih dan detak jantung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *