Cara Memegang Kayak Paddle saat Bermain Khusus Pemula

kayak paddle terbaik

Kehadiran kayak membuat sebagian orang menambahkan pada list terbaru hobi yang disenangi saat ini. Tentunya saat bermain kayak khususnya kayak paddle tidak akan lepas dari memegang sebuah dayung. Pasalnya dayung menjadi salah satu produk yang harus dimiliki saat menaiki kayak tersebut.

Cara Memegang Dayung pada Kayak khususnya Paddle

Sebagian orang menganggap bahwa memegang dayung hanya didasarkan memegang saja. Pasalnya hal ini diremehkan orang sehingga sering mengalami posisi yang salah dan mengakibatkan terjadi cedera yang tidak diinginkan. Berikut merupakan teknik memegang dayung pada kayak paddle yang dapat dilakukan yaitu:

1.        Poros berada di Tangan Kiri

Menggunakan tangan kiri menjadi salah satu poros sebuah dayung. Hal ini bekerja sama langsung dengan tangan kanan dimana akan memutar dayung kepada sudut. Tentu pemakaian tangan kiri berguna untuk menguatkan, menggulung maupun berputar sesuai arus air yang terjadi.

2.        Pegangan yang harus Lebar

Lebar pegangan saat sedang berdayung harus berkisar jarak antara siku atau kurangnya. Saat mengayuh kayak paddle baiknya untuk merubah lebar pegangan sehingga beban kerja otot berubah. Hal ini agar tidak mengalami cedera khususnya pada tangan yang dipegang.

3.        Bentuk Cangkir pada Jari dengan Menekuk

Membentuk cangkir khususnya saat sedang dayung menjadi salah satu poin penting. Istilah cangkir disebut sebagai power face karena memberikan dorongan pada kayak. Saat memegang dayung untuk tidak melakukan posisi terbalik karena akan sulit bergerak ketika berada di air.

4.        Pengemudi Kayak berada di Kanan

Penggunaan tangan kanan menjadi tumpuan saat menaiki sebuah kayak. Pasalnya cengkraman pada tangan akan tetap serta tidak merubah saat melakukan pukulan. Hal ini dapat mengatur sudut pisau dengan tangan kanan sebagai tumpuan dalam bermain kayak paddle.

Sekian ulasan terkait cara memegang kayak paddle saat bermain khusus pemula. Pasalnya mengetahu dasar memegang menjadi pondasi saat bermain agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebelum bermain tentu harus diberikan sebuah latihan agar lebih lancar sehingga menjadi menyenangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *