Ukuran Dayung Kayak Paddle

kayak terbaru

Kayak menjadi salah satu kegemaran baru bagi sebagian orang. Tidak jarang sebagian orang rela untuk mengeluarkan dompet lebih dalam untuk membeli sebuah dayung sesuai keinginan. Tentu dayung untuk bermain kayak paddle berguna agar memudahkan sesuai dengan tubuh sehingga tidak mengalami masalah pada tubuh.

Mengetahui Ukuran Dayung pada Kayak

Ukuran dayung pada kayak paddletentu mempengaruhi postur tubuh. Pasalnya jangkauan tangan yang terlalu panjang akan menyulitkan bagi tubuh dan kayak lebih berat untuk digerakkan. Berikut merupakan ukuran dayung dengan melihat pada 3 hal penting saat ingin bermain kayak yaitu.

  • Gaya dasar pada mendayung pengguna.
  • Lebar perahu sesuai dengan yang dinaiki.
  • Tinggi sesuai ukuran pemakai.

Memiliki Dayung Sesuai Kayak

Saat menaiki kayak terdapat berbagai jenis ukuran pada dayung. Jika seseorang ingin melakukan aktivitas santai seperti rekreasi, tur maupun memancing maka dayung harus lebih panjang dari tubuh biasanya. Hal ini karena pukulan saat mendorong dayung dilakukan dengan pegangan rendah sehingga poros semakin sejajar pada air.

Jika seseorang ingin melakukan aktivtias seperti balapan menggunakan kayak paddle tidak direkomendasikan memakai dayung panjang. Hal ini akan menyulitkan saat mendayung dan tidak agresif saat berada di air. Pasalnya berhubungan langsung dengan kekuatan, kecepatan maupun manuver akut.

Dayung yang lebih pendek berbeda kekuatan dengan yang panjang. Hal ini karena dayung pendek lebih cepat membuang tenaga untuk dibenturkan langsung pada sisi perahu kayak paddle. Jika terlalu lama mengayuh akan menyulitkan untuk membuat sebuah pukulan.

Alangkah baiknya untuk memakai dayung setinggi dada ditambah cengkraman yang kuat. Hal ini ditambah lagi dengan mencelupkan bilah pada air yang mendekati langsung pada buritan kayak. Tentu berguna agar bilah tersebut tidak terendam saat melakukan pukulan.

Berikut penjelasan terkait ukuran dayung kayak paddle yang mampu diterapkan. Hal ini berhubungan langsung dengan ukuran tubuh serta jangkauan tangan, jika terlalu panjang dayung maka tubuh sulit untuk dicapai dan menyebabkan masalah. Tentu sebelum mencoba kayak harus latihan terlebih dahulu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *