Memilih Bentuk serta Gaya Kayak Paddle

kayak paddle

Saat melakukan permainan khususnya kayak paddleharus diimbangi dengan dayung yang dipakai. Hal ini karena dayung tersebut sebagai penggerak kayak berjalan sesuai arus. Dayung tersebut memiliki bentuk maupun fungsi yang berbeda jika dimainkan pada kayak.

Bentuk Pisau pada Dayung

Dayung menjadi kebutuhan langsung saat memainkan kayak. Memilih dayung tersebut berkaitan erat dengan pisau untuk mendorong kayak paddlesemakin laju sesuai dengan arus. Berikut merupakan bentuk pisau yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan yaitu.

1.    Pisau Asimetris

Bentuk pisau asimetris dimana salah satu tanda bilah lebih panjang dari yang lain. Hal ini membuat pendayung pada sisi pendek menghadap langsung ke bawah melihat air. Hal ini berkaitan langsung dalam melacak lurus saat menarik dengan stroke.

2.    Pisau Simetris

Bentuk pisau simetris dimana kedua sisi memiliki ukuran panjang sama. Hal ini berkaitan dengan postur tubuh dan jangkauan tangan saat mendayung. Bilah simetris membuat lebih banyak dorongan sehingga lebih paham dalam arah arus yang lurus.

Gaya Poros Mendayung Kayak

Mendayung sebuah kayak paddle harus memiliki gaya poros. Kehadiran poros tersebut berguna untuk menentukan arah maupun postur tubuh ideal saat sedang dimainkan. Berikut merupakan gaya poros yang dapat dimainkan sesuai kebutuhan saat berada di air yaitu.

1.    Bengkok

Poros bengkok memiliki sebuah tikungan pada setiap sisi sehingga mampu menyerang air dengan baik. Dibandingkan langsung dengan poros lurus, poros bengkok lebih berat saat sedang dipegang. Hal ini berkaitan dengan kekutan dan kinerja yang diberikan.

2.    Lurus

Poros lurus dimana berjalan lurus sesuai dengan batang tegak lurus dari bilah 1 dengan lainnya. Poros lurus ini lebih ringan daripada lainnya saat mendayung sebuah kayak paddle. Jenis poros lurus ini dikarenakan ringan sehingga lebih kuat dari lainnya.

Berikut penjelasan terkait memilih bentuk serta gaya kayak paddle. Tentunya pemilihan kedua bentuk tersebut berkaitan langsung dengan kebutuhan yang ingin digunakan. Pasalnya akan mempengaruhi kecepatan dan kekuatan saat sudah berada di air.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *