Perbedaan Antara Perahu Kayak dan Kano

kayak murah

Banyak orang beranggapan bahwa perahu kayak sama dengan kano. Padahal keduanya jelas berbeda satu sama lain meskipun sama-sama dikayuh serta dikendalikan dengan menggunakan alat dayung.  Akan tetapi jika dilihat secara lebih detail memiliki perbedaan yang mencolok.

Perbedaan pertama bisa dilihat jika Kano biasanya digunakan di perairan yang tenang dan terkadang digunakan sebagai alat transportasi dan rekreasi. Akan tetapi, kayak bisa dinikmati tidak hanya di perairan tenang saja namun juga pada medan ekstrim juga seperti sungai yang memiliki arus deras. Maka dari itu tidak semua orang bisa mencoba menggunakan alat satu ini hanya yang sudah memiliki keterampilan khusus saja.

Perbedaan kedua terletak pada bentuk desain pada bagian perahunya. Kano biasanya memiliki dekterbuka. Sementara itu perahu kayak memiliki dek tertutup. Dengan menggunakan dek terbuka maka bisa memberikan keleluasaan para penggunanya untuk bisa bergerak dengan bebas.

Sementara itu, ketika memiliki deck tertutup maka bisa digunakan sebagai pelindung dan tempat untuk posisi duduk para pedayung. Untuk di area perairan ekstrem, selain dengan menggunakan dek  tertutup, perahu kayak biasanya ditambahkan dengan spray skirt yang mana berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam perahu.

Perbedaan ketiga adalah posisi duduknya. Para pedayung kano duduk dengan cara melipat kedua kakinya pada bagian atas maupun pinggiran perahu. Sementara itu, untuk perahu kayak para dayungnya duduk pada bagian buritan perahu dengan meluruskan kedua kaki di bagian depan dan posisi lutut bertumpu semacam bantalan pendukung atau yang disebut dengan thigh braces.

Untuk kano, para pedagang biasanya menggunakan bilah tunggal. Sementara itu kayak perahu memakai dayung dengan jumlah bilah ganda. Kenapa harus berbeda? Ini karena kayak memerlukan dayung yang memiliki daya dorong efisien yang cepat.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara perahu kayak dengan kano. Sudah sangat jelas bukan? Ini bisa dijadikan sebagai salah satu sumber informasi tambahan sebagai pengetahuan untuk membedakan keduanya. Anda bisa memperoleh alat satu ini dengan mudah toko perlengkapan rafting.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *