Cara Pemilihan Kayak Dayung yang Benar

kayak baru

Menelusuri kawasan sungai, danau serta  laut menggunakan kayak dayungmenjadi salah satu olahraga yang ringan dan dapat menenangkan pikiran. Jenis kayak ini memang diperuntukkan untuk mengarungi perairan yang cukup tenang. Akan tetapi dalam memilihnya tidak boleh sembarangan namun harus memperhatikan beberapa hal.

Tips Memilih Kayak Dayung yang Benar

Pada dasarnya, kayak dayung merupakan jenis perahu yang berbeda dengan lainnya. Selain dipakai untuk wisata, alat transportasi ini juga dapat digunakan sebagai sarana berolahraga. Kayak tersebut memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil pada bagian depan dan belakangnya yang tertutup. Dengan begitu hanya dapat digunakan untuk menampung satu orang saja. Bentuknya yang tertutup ini bertujuan untuk mencegah masuknya air ke dalam perahu.

Sebuah kayak sudah dilengkapi dengan dayung yang memiliki kepala tunggal maupun ganda. Dayung ini memberikan dampak yang cukup besar untuk kinerja perahu kecil tersebut di atas air sehingga Anda harus memperhatikannya. Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika memilih kayak tersebut. Berikut penjelasannya.

  1. Perhatikan Panjang Dayung

Perlu diketahui bahwa ternyata mencari ukuran panjang dayung yang tepat sangat mudah. Semakin lebar kayak dayung maka semakin panjang dayung yang diperlukan. Selain itu, tinggi badan juga sangat berpengaruh khususnya bagi pengguna kayak di mana memerlukan dayung yang panjang.

Untuk tinggi badan antara 170-180 cm maka perlu menggunakan kayak yang memiliki ukuran umum. Ini biasanya mempunyai lebar sebesar 20 inci dan bisa memakai dayung dengan panjang 210 cm. Semakin tinggi dan lebar Sebuah perahu maka dayungnya pun semakin panjang.

  • Perhatikan Material pada Dayung

Selama Anda menyusuri air dengan menggunakan kayak dayung maka Anda  akan menaiki blade lebih tinggi daripada porosnya. Apabila materialnya semakin ringan maka akan lebih menghemat energi sehingga tidak akan membuat Anda capek.

Material umum yang biasanya digunakan untuk pembuatan dayung adalah berbahan plastik. Akan tetapi ada juga yang terbuat dari bahan polimer dan campuran plastik dengan nylon. Masing-masing memiliki kelebihan dan harga yang berbeda.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai tips cerdas dalam memilih kayak dayung berkualitas. Anda harus benar-benar teliti supaya bisa mendapatkan perahu kayak yang memiliki kualitas terbaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *