Cara Membedakan Perahu Kayak dengan Perahu Kano!

kayak keren

Perahu kayak dan kano memang kerap kali susah dibedakan karena bentuknya yang mirip, dan juga sama-sama memakai tenaga manusia untuk daya geraknya. Bahkan keduanya juga sama-sama digunakan untuk memancing, bersantai, hingga kegiatan olahraga. Namun tetap saja, keduanya adalah jenis perahu yang berbeda.

Anda bisa melihatnya dari tipe perahu yang digunakan. Seperti yang diketahui, setiap produk pasti memiliki serinya tersendiri, begitu pula dengan dua jenis perahu ini. Pada umumnya, produk transportasi perahu memiliki kode huruf dan angka. Huruf untuk tipe perahunya, dan angka adalah jumlah dari orang yang bisa naik di atasnya.

Kano pada umumnya memiliki kode huruf C. Misalnya C1, berarti ini adalah kano dengan muatan satu orang atau biasa disebut dengan solo, lalu C2 adalah kano dengan muatan dua orang yang memiliki sebutan tandem. Sedangkan kayak memiliki kode K. Seperti misalnya saja, K1 untuk memuat satu orang, dan K2 untuk muatan dua orang.

Perhatikan juga tujuan yang diusung. Untuk perahu yang digunakan hiburan atau rekreasional, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Berdasarkan jumlah muatannya juga sudah terlihat. Kano lebih luas sehingga cocok untuk ditumpangi lebih banyak orang. Pengaturannya juga lebih mudah sehingga perahunya cocok untuk digunakan jalan-jalan dalam wisata air bersama kerabat terdekat. Sedangkan kayak memiliki ukuran yang lebih minimalist sehingga efektif untuk digunakan perorangan. Kayak sepertiini biasanya digunakan untuk olahraga air karena sifatnya yang bisa melaju cepat, sehingga cocok untuk arus air kuat yang membangkitkan adrenalin.

Desain yang diusung pun juga terlihat berbeda. Pada umumnya, kano memiliki dek yang terbuka dan mengekspos bagian atas perahu. Ini mengapa kano lebih cocok digunakan untuk berwisata santai karena penumpangnya bisa mendayung dengan bebas. Sedangkan kayak memiliki desain dek yang lebih tertutup, sehingga lebih bisa melindungi pendayung dan bisa mengunci posisi duduk. Hal ini membuatnya cocok digunakan untuk aktivitas air yang sedikit ekstrim.

Dengan memperhatikan semua aspek di atas, sudah bisa dipastikan kini Anda akan bisa membedakan kedua jenis perahu yang hampir mirip ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *