Tips Menggunakan Perahu Kayak yang Benar

kayak murah

Kayak merupakan suatu alat transportasi air yang cukup banyak digunakan. Dari mulai untuk aktivitas keseharian oleh masyarakat dengan wilayah air yang luas, hingga untuk kegiatan rekreasi atau olahraga air. Produknya pun juga bisa ditemukan dengan sangat mudah di berbagai marketplace atau toko offline. Jadi Anda bisa dengan mudah membeli perahu mini ini karena ukuran yang diusung pun juga sangat minimalis.

Lalu sebenarnya bagaimana cara menggunakan kayak yang benar? Seperti yang bisa diketahui, perahu mini ini tidak sama dengan kano. Meskipun bentuk keduanya hampir mirip, namun fungsi dan juga desain yang diusung sebenarnya berbeda.

Beberapa dari perahu mini ini umumnya memiliki dek yang lebih tertutup, sehingga bisa melindungi tubuh dan juga mengunci posisi duduk. Biasanya ini dicari oleh para penggemar olahraga air. Berbeda dari kano yang cara duduknya adalah melutut atau melipat kedua kaki, duduk di atas kayak dengan dek tertutup harus menjelujurkan kaki. Anda akan duduk sedikit lebih ke belakang dengan kaki terlentang ke depan dan kedua lutut ditumpukan pada bantalan pendukung yang bernama thigh braces.

Lalu sebelum menggunakan perahu mini ini, perhatikan juga alat-alat perlengkapan yang harus menyertai. Seperti salah satunya adalah dayung yang berguna untuk menggerakkan alat transportasi air ini. Karena posisi tubuh yang rendah dengan air, Anda harus menggunakan dayung dengan dua bilah atau berbilah ganda. Dengan memakai dayung yang memiliki bilah pada dua sisinya, Anda akan lebih mudah untuk menggerakkan perahu dengan daya dorong yang besar.

Lalu tips terakhir untuk menggunakan kayak adalah, selalu menggunakan jaket pelampung. Karena terdapat jenis pelampung khusus yang bernama bouyanci aid. Gunakan juga helm demi keamanan Anda. Apalagi jika Anda akan menggunakannya untuk melakukan aktivitas olahraga air, atau menguji adrenalin dengan bermain pada arus yang deras. Hal ini sangat penting karena untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Begitu pula dengan Anda yang hanya menggunakan kayak untuk sekedar bersantai atau kegiatan rekreasional lainnya. Menggunakan pengaman seperti pelampung dan helm dapat menghindarkan Anda dari banyak resiko bahaya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *