Keuntungan Menggunakan Kayak Mancing Dibandingkan Perahu atau Kano

kayak keren

Kayak mancing kini agaknya semakin populer saja di kalangan masyarakat yang memiliki hobi memancing. Sebenarnya apa alasannya? Apa yang membedakannya dengan alat transportasi memancing lain seperti perahu atau kano? Lebih worth it mana?

Menurut banyak kesaksian, memancing menggunakan kayak adalah pengalaman yang terbaik dibandingkan dengan perahu atau kano. Tapi tetap saja, penilaian ini didasarkan oleh beberapa faktor. Contohnya saja, sifat fleksibilitas yang diusungnya. Kayak memiliki ukuran lebih minimalist yang sangat cocok untuk dibawa kemana pun dengan mudah.

Kayak mancing rata-rata juga bisa digunakan pada segala jenis wilayah perairan, mulai dari kolam, danau, sungai besar, atau bahkan laut.

Selain dari kefleksibilitasannya, kayak juga memiliki fitur yang cukup lengkap meski bentuknya minimalist. Di beberapa model, Anda bisa duduk langsung di dalam kayak, dan di model lainnya, kayak mancing menyediakan single seat, atau tempat duduk tunggal. Ini berupa kursi yang dipasang di atas kayak, sehingga jarak pandangan mata Anda bisa lebih jauh lagi untuk mengamati wilayah perairan.

Dilengkapi dengan holder yang berfungsi menjadi tempat pancingan. Menariknya, holder ini tidak dipasang pada satu titik bagian saja, namun beberapa sekaligus. Ada yang berada di samping kanan-kiri kayak, atau juga di depan tempat duduk Anda. Dengan fasilitas ini, tentunya sangat memudahkan para pemancing saat menunggu ikan menyantap kail.

Lalu, kayak mancing juga menyediakan kotak box penyimpanan yang bisa dibuka tutup. Biasanya berjumlah dua, terletak ujung depan untuk penyimpanan ikan hasil tangkapan, dan juga tepat di depan tempat duduk untuk menyimpan barang Anda yang kering.

Nah, namun untuk yang mengedepankan segi tenaga dayung, kayak dinilai kurang efektif. Karena seperti yang diketahui, alat ini menggunakan tenaga manusia untuk bergerak, yaitu dengan mendayungnya. Berbeda dengan perahu yang sudah menggunakan tenaga mesin.

Dan yang membedakan kayak mancing dengan kano adalah, tingkat kestabilannya. Kayak akan lebih bisa stabil di atas air dari pada kano, sehingga kegiatan memancing pun dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya satu pun hambatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *