Hampir Mirip, Inilah Beberapa Perbedaan Kayak dengan Kano!

kayak murah

Banyak orang-orang yang kesulitan membedakan antara kayak dengan kano, karena memang keduanya sama-sama merupakan perahu kecil yang menggunakan daya tenaga dayung manusia untuk bergerak di atas air. Bentuk yang diusung pun juga hampir mirip-mirip. Namun sebenarnya, kedua perahu mini ini adalah dua jenis yang berbeda.

Hal ini tentunya harus diketahui, karena dua jenis perahu ini mengusung fungsi yang berbeda juga. Apabila salah dalam mengklasifikannya, tentu saja sedikit berbahaya, terlebih jika penumpangnya masih pemula.

Contoh saja, kano cenderung tidak stabil jika berada di atas arus air yang kencang atau medan tidak mulus. Jadi, yang seharusnya dilakukan adalah, dengan memakai perahu kayak. Karena perahu jenis ini disinyalir lebih tahan berada di arus air yang sedikit lebihkuat.

Dek yang diusung kedua perahu ini pun juga berbeda. Di dalam kano, Anda akan mendapati dek yang terbuka. Ini membuat ruang gerak lebih luas, namun juga menjadi penyebab utama perahu tidak tahan pada arus air kuat. Karena percikan air bisa masuk menggenangi dalam kano. Jenis perahu satu ini, cocoknya dibuat untuk perjalanan air yang santai dan tenang.

Lalu untuk kayak, Anda bisa menggunakannya pada aktivitas air yang sedikit ekstrim. Terlebih sudah disediakan juga versi karet yang akan cocok untuk berbagai macam olahraga air. Ini dikarenakan dek yang dimilikinya tertutup, sehingga air tidak akan mudah masuk dan membuat perahu tenggelam. Posisi duduk penumpang pun juga bisa meluruskan kaki ke depan, tidak seperti kano yang cara duduknya harus dengan kaki menekuk ke dalam.

Bahkan bentuk dayung yang dimiliki pun juga sudah berbeda. Kano hanya memiliki satu bilah dayung, sedang kayak memiliki dua bilah di sisi kiri-kanannya. Ini akan menjaga perahu bisa lebih seimbang.

Dengan perbedaan yang diusung oleh dua jenis perahu ini, tentunya Anda sudah bisa menilai sendiri seberapa penting untuk mengenalinya. Mudahnya, kano akan cocok untuk aktivitas air yang tenang dan aman, sedangkan kayak akan lebih cocok untuk kegiatan air yang sedikit ekstrim dan menaikkan adrenalin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *