Mengenal Kayak Pedal, Sebuah Inovasi Kayak Terkini

kayak terbaru

Perahu kayak memiliki penggemar yang sangat banyak karena bentuk minimalist yang dihadirkannya. Ini memudahkan penggunanya dalam menjangkau area-area yang bisa saja tidak mungkin dijangkau mengenakan perahu model lainnya. Seperti danau, kolam, sungai, atau laut dengan jalur yang sangat bebas. Dan berkembangnya waktu, model kayak pun juga meningkat seiring dari inovasi dari masyarakat. Dulu, saat kayak selalu dikaitkan dengan dayung, kini hadirlah versi inovatifnya, yaitu kayak pedal. Apa perbedaannya dengan sebuah kayak biasa?

Seperti namanya, kayak pedal bergerak menggunakan tenaga kaki untuk mengayuh pedal yang letaknya berada di buritan depan. Hal ini merupakan sebuah fitur yang lebih menguntungkan, terlebih jika Anda mempertimbangkan tenaga yang harus dikeluarkan demi menggerakkan perahu di atas air.

Dengan mengayuh pedal, tentu saja ini sangat menghemat tenaga. Karena mendayung disinyalir membuat lengan lebih pedal, karena energi yang dikeluarkan harus sedikit ekstra. Untuk teknik mendayung, tenaga kaki dipastikan memiliki kekuatan lebih besar dari pada tangan.

Keuntungan lain dari kayak pedal juga terletak pada kecepatan laju perahu. Teknik mengayuh tentunya akan membuat kayak bergerak lebih cepat dari pada hanya dengan dayung. Ini juga bisa direpresentasikan pada alat transportasi darat seperti sepeda. Karena seperti yang sudah diketahui sebelumnya, kaki manusia memiliki tenaga yang lebih besar karena sudah terbiasa menopang beban berat tubuh setiap waktunya, berbeda dengan tangan yang hanya digunakan untuk melakukan aktivitas lebih ringan.

Dengan menggunakan kayak pedal, tangan Anda juga bisa lebih leluasa karena perahu bisa bergerak tanpa adanya tenaga dayung dari tangan. Ini cocok untuk Anda yang hendak menikmati dinginnya air sungai dengan menjulurkan tangan ke bawah. Atau mungkin untuk Anda yang senang mengabadikan momen saat berada di kayak dengan alat potret yang dibawa.

Hanya saja, sedikit kelemahan yang diusung oleh kayak pedal ini adalah ruang depan yang menjadi terbatas, dikarenakan pedal yang memang dipasang pada buritan depan. Namun, sepertinya hal ini tidak menjadi masalah apabila Anda memang memilih mengedepankan faktor tenaga dan kecepatan yang efektif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *