Jenis-Jenis Kayak Perahu yang Perlu Diketahui!

kayak keren

Kayak perahu merupakan sebuah alat transportasi air yang keberadaannya semakin populer saja dari waktu ke waktu. Ini dikarenakan bentuk yang diusungnya sangat minimalist

sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja sesuai kebutuhan dan keinginan. Harga yang dibandrolnya pun juga terpaut jauh lebih murah dari pada jenis perahu yang lainnya. Lantas semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi, kayak pun juga bertransformasi menjadi banyak jenis untuk menyesuaikan kebutuhan dari setiap masyarakat yang berbeda-beda.

Jenis kayak perahu yang paling dasar dan sudah ada pertama kali ditemukan adalah kayak dayung. Sama seperti namanya, kayak ini menggunakan tenaga manual manusia dengan mendayung. Dulunya, kayak terbuat dari kayu yang dijalin secara sederhana dengan tali oleh para masyarakat. Lantas mereka juga membuat dayung yang terbuat dari kayu juga. Namun kini kayak dayung sendiri juga memiliki beberapa jenis lain lagi. Misalnya, kayak yang terbuat dari kayu, fiber, atau bahkan karet.

Selain kayak dayung, terdapat juga kayak perahu pedal yang juga tidak kalah populernya. Ini merupakan sebuah inovasi tersendiri di mana kayak menggunakan teknik pedal untuk bergerak di atas air. Pedal ini akan diletakkan pada buritan depan. Banyak orang yang menyukai jenis ini karena disinyalir lebih hemat tenaga dibandingkan dengan kayak dayung. Hanya dengan mengayuh pedalnya, perahu bisa bergerak dengan mudah dan cepat sesuai keinginan.

Lantas, terdapat juga kayak perahu dengan teknologi mesin. Ini merupakan representasi dari perahu pada umumnya, hanya saja kayak memang mengusung bentuk yang lebih kecil dari pada perahu lainnya. Ini cocok untuk Anda yang ingin mengendarai kayak dengan lebih praktis lagi, tanpa adanya tenaga manual yang harus dikeluarkan.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain dari bentuk cara menggerakkannya, kayak perahu pun juga bisa dibedakan dari bahan yang membentuknya. Untuk bahan fiberdan kayu, cocok untuk Anda berwisata alam dengan santai, atau juga pergi memancing ke wilayah air seperti kolam, sungai, dan bahkan laut. Lalu untuk kayak karet, akan cocok untuk dipakai olahraga air yang sedikit ekstrim dan menguji adrenalin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *