Apa Itu Perahu KayakPengertian

kayak murah

Perahu kayak merupakan salah satu jenis dari perahu yang ukurannya cenderung lebih kecil dan didukung dengan penggunaan tenaga dari manusia. Biasanya ketika sedang menggunakan jenis kayak akan terdapat bagian depan serta bagian belakang yang telah tertutup.

Model kayak sehingga nantinya hanya terdapat sisa lubang yang seukuran dari awak yang menggunakannya. Desain yang ditampilkan pada perahu kayak ini cenderung lebih tertutup dan memiliki tujuan tersendiri supaya dapat melakukan pencegahan masuknya air untuk ke bagian perahu.

Jenis kayak inilah yang telah dilengkapi dengan adanya dayung yang didukung oleh kepala tunggal ataupun ganda. Perahu kayak biasanya memang telah dibuat untuk penggunaan satu pengendara akan tetapi juga dapat didesain supaya nantinya tetap bisa menampung untuk dua orang.

Sejarah Kayak

Kehadiran dari kayak pada mulanya hanya menggunakan bahan dari kayu yang dilengkapi penutup berupa kulit hewan yang telah direntangkan sampai mampu menutupi bahan kayunya tersebut. Penggunaan perahu ini dulunya memang banyak dimanfaatkan oleh suku Inuit, Ainu, Aleut dan Eskimo yang digunakan untuk berbagai kegiatan diantaranya memancing, berburu, serta dijadikan sebagai alat transportasi.

Dari hewan buruannya tersebut biasanya didapatkan dengan menggunakan perahu kayak dengan cara mengayuh untuk bisa memperoleh anjing laut, karibu, paus, serta beberapa mamalia laut yang lain. Penggunaan kayak tentunya menjadi sangat efektif sebagai alat perburuan yang sangat tepat karena ukurannya cenderung lebih kecil, mudah untuk dikendalikan, lincah dan cepat.

Selain itu kehadiran dari kayak kuno ini juga memiliki fungsi sebagai pengintai yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyelinap di area sekitar binatang yang lokasinya berada di dalam air ataupun tepat di garis pantai. Dari beberapa suku itulah yang sekarang ini sudah jarang untuk memanfaatkan kayak dalam mendukung kegiatan berburu.

Pada umumnya diantara orang-orang tersebut sekarang ini sudah beralih dengan menggunakan perahu motor. Akan tetapi dengan demikian kehadiran dari perahu kayak sudah menjadi bagian yang sangat penting dengan peranannya dari sejarah panjang serta peradaban berbagai suku yang telah memanfaatkan kayak untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *