Desain Penggunaan Paddle Kayaking yang Nyaman

kayak keren

Paddle kayaking merupakan alat genggam dengan adanya pegangan yang ukurannya cukup memanjang serta di bagian ujung distal secara rata serta melebar yaitu adanya bilah. Dari kegunaannya tersebut dimanfaatkan sebagai tuas untuk nantinya bisa memberikan gaya ke bagian ujung bilah.

Hal seperti ini tentunya lebih sering menggambarkan adanya alat genggam sepenuhnya yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan perahu dengan tenaga manusia yang caranya mendorong air supaya ke arah yang berlawanan dengan adanya arah perjalanan ataupun mengayuh. Bahkan untuk hal ini tentunya akan berbeda dengan adanya paddle kayaking yang bentuknya serupa serta mempunyai fungsi yang sama melalui kegiatan mendayung karena yang nantinya terakhir dipasangkan pada perahu melalui titik tumpu tersebut.

Dayung kayak biasanya digunakan di dalam kano yang terdiri atas fiberglass, kayu, serat karbon ataupun batang logam dengan adanya pegangan di bagian salah satu ujung serta lembaran kayu di ujung lainnya. Paddle kayaking juga dimanfaatkan dengan kayak yang lebih panjang serta dilengkapi oleh bilah pada setiap ujungnya yang ditangani dari tengah poros.

Dayung kayak mempunyai bilah pada bidang yang serupa jika dilihat dari porosnya atau yang disebut dengan tidak berbulu. Dayung yang memiliki bilah di bidang yang berbeda-beda dikenal dengan sebutan berbulu.

Paddle kayaking berbulu diukur dari penggunaan derajat bulu seperti hanya 30, 45, ataupun hingga 90 derajat. Banyak diantara dayung modern yang menggunakan dua bagian yang bisa disatukan baik itu di dalam pengaturan berbulu ataupun yang tidak berbulu.

Poros tersebut biasanya secara lurus akan tetapi di dalam beberapa kasus juga ditambahkan engkol dengan tujuannya untuk membuat dayung merasa lebih nyaman serta mengurangi tingkat ketegangan di bagian pergelangan tangan. Hal ini dikarenakan, paddle kayaking tidak ditopang dengan adanya perahu dan dayung tersebut terbuat dari penggunaan bahan yang cenderung lebih ringan.

Bahkan tidak jarang dayung kayak memiliki ukuran 2 pon ataupun kurang serta dayung cenderung lebih mahal bisa seringan 22 ons. Penghematan tentunya lebih diinginkan di bagian ujung dayung tengahnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *