Cara Melakukan Olahraga Kayak Outdoor untuk Pemula

kayak baru

Kayak outdoor merupakan salah satu jenis olahraga air yang cukup populer saat ini. Apabila Anda masih baru mengenalnya maka tidak perlu ragu untuk mencoba. Terlebih para pemula juga bisa mencobanya asalkan dapat fokus dan berkonsentrasi.

Bagaimana Cara Olahraga Kayak Outdoor untuk Pemula?

Sebagai pemula, penting bagi Anda untuk mempelajari dahulu bagaimana cara melakukan olahraga air satu ini. Pasalnya, desain perahu yang tersedia memang cukup berbeda dari lainnya. Tentu memerlukan keseimbangan tersendiri. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Mengerti Cara Mengayuh

Cara pertama yang sangat penting untuk Anda lakukan yaitu memahami dahulu bagaimana cara mengayuh. Terlebih hal tersebut akan mempengaruhi laju perahu apakah dapat stabil atau tidak. Oleh sebab itu, jangan melakukannya asal-asalan.

Pastikan mengayuh menggunakan otot agar mendapat kekuatan maksimal. Cara ini cukup efektif agar tidak mudah lelah. Baik itu ketika ingin mengayuh ke arah depan maupun belakang tentu perlu melakukan latihan dahulu.

  • Sering Latihan

Bagi pemula, mengayuh perahu kayak outdoorbukanlah hal yang mudah. Terlebih apabila memang Anda belum terbiasa melakukannya. Sebagai solusinya pastikan untuk sering melakukan latihan. Pilih arus tenang agar lebih nyaman.

Hindari melakukan latihan di medan berbahaya dan menantang. Kemudian jika sudah terbiasa maka bisa mencoba berlatih di arus yang lebih sulit. Tentu akan mendapatkan hasil maksimal serta keahlian pun dapat meningkat.

  • Memanfaatkan Pendamping

Saat melakukan latihan jangan lupa untuk selalu memanfaatkan pendamping yang sudah ahli dan profesional.  Mereka akan berada di dekat Anda untuk mendapatkan bantuan atau mengarahkan bagaimana cara mengayuh dengan benar.

Tentu akan mudah mendapatkan posisi kayuh yang paling tepat. Hal ini juga bisa menjadi cara terbaik untuk latihan serta belajar apa saja kesalahannya. Terlebih daripada berlatih sendiri tentu kurang efektif karena tidak ada pengawasnya.

Itu tadi beberapa cara melakukan olahraga kayak outdoor. Anda bisa mulai latihan dari sekarang secara rutin. Usahakan tidak melamun saat mencobanya karena bisa saja kehilangan kendali sehingga berpotensi untuk terjatuh. Hindari juga rasa panik agar lebih nyaman berolahraga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *