Cari Tahu Apa Saja Perbedaan Perahu Kayak dengan Kano

kayak baru

Sebagian dari Anda mungkin masih asing saat mendengar istilah perahu kayak. Terlebih, apa perbedaannya dengan kano? Keduanya memiliki banyak perbedaan sehingga penting untuk mengetahuinya sebelum menggunakan kedua jenis perahu tersebut di area perairan.

Beberapa Perbedaan Perahu Kayak dengan Kano

Terdapat banyak perbedaan yang dapat Anda ketahui tentang kayak dengan kano. Jika melihatnya secara sekilas saja memang akan terlihat mirip. Akan tetapi dari segi penggunaannya cukup berbeda. Oleh sebagai itu, pelajari terlebih dahulu apa saja perbedaan selengkapnya pada penjelasan berikut:

  1. Penggunaan Perahu

Perahu kayak dan kano memang sama-sama termasuk olahraga air yang digunakan dengan menggunakan gayung. Kedua ukuran perahunya pun terbilang cukup ringan. Akan tetapi, Anda dapat membedakannya dari segi penggunaan alat tersebut.

Kano sendiri umumnya hanya digunakan pada perairan tenang. Adapun penggunaannya cenderung bersifat rekreasional ataupun transportasi. Berbeda dengan kayak yang dapat Anda pakai pada perairan ekstrim termasuk sungai arus deras.

  • Desain Perahu

Terdapat pula perbedaan lainnya yang bisa Anda ketahui dari segi desain perahu. Tentu perlu lebih teliti lagi saat membedakannya agar tidak salah saat ingin mengenalinya. Kano sendiri umumnya memiliki dek dengan bentuk terbuka.

Berbeda dengan kayak yang umumnya mempunyai dek dengan bentuk tertutup. Adapun fungsinya adalah untuk melindungi setiap pendayung serta dapat mengunci tubuh mereka dengan cepat pada posisi duduknya.

  • Posisi Duduk Pendayung

Perbedaan selanjutnya terletak pada posisi duduk setiap pendayung. Jika menggunakan perahu kano, maka umumnya pendayung akan duduk dengan cara melihat kedua kaki mereka. Mereka akan duduk di tempatnya lalu meletakkan kaki di atas dan di pinggir perahunya.

Sedangkan pada kayak, setiap pendayung yang mengemudikan perahu akan cenderung duduk di bagian belakang perahu. Adapun posisi kakinya sendiri lurus ke arah depan serta bagian lututnya bertumpu ke bantalan pendukung.

Itu tadi informasi mengenai perbedaan dari perahu kayak dengan kano. Tentu saja Anda dapat dengan mudah mengetahui perbedaan tersebut. Baik itu dari segi penggunaan, desain, hingga posisi duduk setiap orang yang mendayung perahunya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *