Mengenal Apa Itu Perahu Kayak yang Ukurannya Kecil

kayak terbaik

Jenis perahu kayak merupakan perahu kecil yang sangat ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Dari kehadiran kayak memiliki beberapa jenis dengan ukuran yang berbeda-beda.

Kayak merupakan jenis perahu kecil yang menggunakan tenaga manusia dan biasanya di bagian depan dan belakangnya tertutup. Sehingga nantinya hanya menyisakan lubang yang ukurannya sesuai dengan awak.

Desainnya yang tertutup itulah yang memiliki tujuan guna melakukan pencegahan terhadap masuknya air di dalam perahu kayak yang pastinya juga sudah dilengkapi oleh adanya dayung berkepala tunggal ataupun ganda. Perahu yang satu ini dulunya hanya dibuat dengan menggunakan bahan utama dari kayu yang telah dilengkapi oleh penutup dari kulit hewan yang direntangkan sampai menutupi bahan kayu tersebut.

Kayak semula memang banyak digunakan oleh kalangan suku Eskimo, Ainu dan Aleut untuk kegiatan transportasi, berburu dan memancing. Biasanya dari suku tersebut mencari hewan buruan yang didapatkan dengan cara mengayuh kayak seperti halnya anjing laut, karibu, paus serta mamalia laut yang lainnya.

Sekarang ini penggunaan perahu kayak juga banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dengan dukungan dari material yang semakin beragam tentunya sudah bisa disesuaikan terhadap kegunaan yang sangat bervariasi. Masyarakat modern telah menggunakan kayak untuk memenuhi berbagai kebutuhan termasuk kendaraan militer ataupun olahraga.

Sejarah dari perahu kayak di awali oleh orang Siberia yang melakukan pembuatan dengan menghadirkan perahu terbuat dari perangka kayu terbuka yang diikat menggunakan tali atau tali tanaman serta ditutup menggunakan kulit anjing laut yang telah dijahit secara menyatu. Asal mula kayak lebih dikenal dengan sebutan umiak.

Perahu yang satu ini terus digunakan oleh sejumlah orang yang menetap di bagian kutub utara dan setelah itu lebih dikenal sebagai orang Inuit. Banyak diantara suku tersebut yang memanfaatkan umiak sebagai alat transportasi laut supaya memberikan kemudahan dalam mengangkut barang, manusia ataupun untuk tujuan berburu paus.

Seiring dengan berjalannya waktu dilakukan memodifikasi perahu kayak ukuran yang lebih kecil. Selain itu perahu tersebut bobotnya sangat ringan untuk mendukung berbagai kegiatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *