Peralatan, Cara Masuk dan Keluar Perahu Kayak

kayak terbaik

Perahu kayak biasanya digunakan dalam mendukung olahraga air dengan bagian depan dan belakangnya yang tertutup. Penggunaan kayak telah dilengkapi dengan adanya dayung dan untuk olahraga yang sangat ekstrem ini karena akan membutuhkan keseimbangan serta keberanian yang tinggi.

Peralatan Kayak

Peralatan untuk menggunakan perahu kayak terdiri atas perahu, dayung, dan perlengkapan keamanan hingga keselamatan. Satu kayak tentunya bisa digunakan bersama 1 sampai 3 orang pendayung dan apabila belum berani melakukannya sendirian tentunya bisa mengajak teman yang sudah lebih tinggi jam terbangnya.

Dengan semakin lebarnya ukuran kayak tentunya akan semakin panjang dayung yang digunakan. Perbedaan yang sangat mendasar antara perahu kayak dan kano yaitu dari penggunaan dayungnya.

Olahraga kano memiliki dayung dengan kepala tunggal dan kayak memiliki dayung dengan kepala ganda. Dari segi peralatan keamanan serta keselamatan tentunya menjadi suatu hal yang sangat penting dengan menggunakan pelampung, helm jika memang medannya terlalu berbatu serta dry bag untuk mendukung peralatan elektronik yang dibawa.

Cara Masuk dan Keluar dari Kayak

Teknik masuk ke dalam perahu kayak serta keluar kayak tersebut harus dipelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakannya karena beda tempat tentunya akan beda tekniknya. Seperti halnya sedang bermain kayak di danau akan berbeda dengan cara masuk dan keluar dengan bermain kayak di laut.

Ketika di danau bisa memegang tepi dermaga hingga kaki masuk serta badan seimbang di atas kayak dengan cara keluarnya dapat bersandar terlebih dahulu di dermaga. Setelah itu tarik lutut keluar dari kemudi dan terus bergeser hingga menuju posisi duduk di area dermaga.

Pada saat di laut tentunya akan cenderung lebih rumit lagi karena tidak ada tempat untuk bersandar seperti halnya dermaga danau. Sehingga cara masuk dan keluar perahu kayak harus memposisikan kayak berada di ujung air.

Kemudian memegang dayung serta bagian belakang dari kursi menggunakan kedua tangan dan pusatkan berat badan ke dayung, memasukkan kaki serta badan secara perlahan ke dalam kayak. Lalu untuk cara keluarnya bisa melakukan kebalikannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *