Bagaimana Cara Merawat Perahu Kayak Dari Bahan Fiberglass Yang Benar Itu?

perahu kayak

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan perahu kayak bahan fiberglass. Alasan utama mengapa mereka memilih perahu kayak dari bahan ini dikarenakan harganya sangatlah murah. Selain itu untuk perawatannya sendiri juga tidaklah terlalu ribet. Lantas bagaimana cara merawat perahu kayak dari bahan fiberglass itu?.

Cara Merawat Perahu Kayak Dari Bahan Fiberglass

Perahu kayak dari bahan fiberglass dikenal memiliki kualitas yang tinggi dan lebih awet. Meskipun begitu tetap saja diperlukan perawatan secara rutin. Adapun beberapa cara merawat perahu kayak dari bahan fiberglass seperti berikut ini.

  1. Mengecat Ulang

Perawatan pertama perahu kayak yang terbuat dari bahan fiberglass yaitu dengan melakukan pengecatan. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memperbaiki cat perahu yang telah mengelupas. Dengan begitu nantinya perahu kayak bisa terlihat seperti baru sehingga enak untuk dipandang. Bukan hanya itu saja pengecatan pada perahu kayak ini juga dapat digunakan untuk menghindari terjadinya kebocoran. dalam hal ini sebaiknya lakukan pengecatan itu secara rutin minimal 1 bulan sekali. Untuk catnya sendiri Anda bisa membelinya di toko terdekat maupun secara online melalui marketplace.

  1. Memperbaiki

Meskipun dikenal sebagai perahu kayak yang memiliki kualitas tinggi namun tidak jarang alat transportasi itu juga mengalami berbagai macam permasalahan. Umumnya permasalahan yang terjadi pada perahu itu dikarenakan pemakaiannya telah bertahun-tahun. Tidak hanya itu saja tetapi ada juga permasalahan yang disebabkan karena benturan dengan benda-benda tajam sehingga membuatnya bocor. Dalam hal ini untuk memperbaikinya bisa dibilang sangatlah mudah tanpa harus membawanya ke jasa perbaikan. Di mana jika perahu itu bocor cukup menambalnya dengan perekat. Cara untuk perbaikan yang dikarenakan adanya kerutan, warna berubah dan pengelupasan cukup dilakukan pendempulan pada bagian fiber yang bermasalah menggunakan alat perekat khusus.

Itulah tadi beberapa cara merawat perahu kayak yang terbuat dari bahan fiberglass. Tentunya dengan melakukan perawatan secara rutin bisa membuat perahu tersebut berumur panjang dan bisa beroperasi dengan maksimal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *